Gemastik









GEMASTIK (Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Tekonologi Informasi dan Komunikasi), merupakan program Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.Program ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Indonesia, sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya, baik ketika masih dalam masa studi maupun kelak sesudah lulus studi.





Keamanan Siber


Kompetisi kategori ini bertujuan untuk menguji kemampuan peserta dalam menghadapi kasus keamanan sistem komputer dan jaringan yang telah disiapkan.




Pemrograman Kompetitif


Lomba pemrograman menguji kemampuan dan nalar dari setiap peserta dalam menyelesaikan program komputer untuk memecahkan permasalahan yang diberikan




Penambangan Data


Melakukan proses Penambangan Data terhadap big data yang tersedia dan memvisualisasikan hasil proses Penambangan Data.





Pengembangan Bisnis TIK


Kompetisi pengembangan ide bisnis, start up dan pengembangan usaha yang berorientasi produk TIK barang jasa.




Animasi


Animasi merupakan sebuah lomba karya cipta dalam bentuk visualisasi 2D maupun 3D yang mengandung unsur kreativitas dan inovasi pemuda sebagai elemen penting dalam karya cipta tersebu




Kota cerdas


Kompetisi konsep pemanfaatan data untuk melayani, mengelola sumber daya secara efisien, dan memberikan kemudahan akses informasi.





Piranti Cerdas, Sistem Benam dan IoT


Pengembangan piranti cerdas suatu sistem benam, untuk mengetahui dan memberikan respon adaptasi situasi lingkungannya




Pengembangan Aplikasi Permainan


Lomba pengembangan aplikasi permainan mendorong peserta untuk berkreasi dan berinovasi mengembangkan aplikasi permainan yang mampu berjalan dengan baik untuk memenuhi tujuan yang dicapai.




Desain Pengalaman Pengguna


Lomba Desain Pengalaman Pengguna (UX Design) adalah lomba desain interaksi produk yang berorientasi pada kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna.





Karya Tulis Ilmiah TIK


Lomba Karya Tulis Ilmiah mendorong peserta untuk menumbuhkembangkan sebuah karya tulis mahasiswa dalam bentuk penuangan gagasan atau ide kreatif yang bersifat visione




Pengembangan Perangkat Lunak


Pengembangan perangkat lunak yang menguji pengembangan ide kreatif untuk memberikan solusi penyelesaian masalah di Indonesia.